REKRUITMEN SAKTI PEKSOS KEMENSOS RI – 2013 PDF Cetak
Ditulis oleh Administrator   
Kamis, 19 September 2013 04:57

PENGUMUMAN

REKRUITMEN SAKTI PEKSOS PENGEMBANGAN MASYARAKAT

KEMENTERIAN SOSIAL RI – 2013


Untuk Melihat dan Mendownload

Pengumuman dan Formulir

silahkan  

KLIK DISINI

 
Kunjungan Kerja Menteri Urusan Sipil Republik Rakyat China Ke STKS Bandung PDF Cetak
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 11 September 2013 11:07

Dalam rangka mengenal lebih dekat Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, rombongan dari negara RRC dipimpin oleh Menteri Urusan Sipil RRC Mr. Li Liguo bersama delegasinya antara lain Direktur Jenderal Urusan Umum Mr. Zhang Weixing, Dirjen Departemen Kesejahteraan Sosial dan Dukungan Amal Mr. Zhang Chengfu, Dirjen Depertemen Kerja Sama Internasional Mr. Kang Peng, Mrs. Liu Quan, Direktur Urusan Bilateral, Departemen Kerjasama Internasional, Sekretaris Menteri Mr. Zeng Xiancai serta Atase Kedutaan Besar RRC Li Jialong hadir ke kampus STKS Selasa (10/9). Kujungan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan lawatannya ke Kementerian Sosial sebagai kunjungan balasan untuk menindaklanjuti kunjungan Menteri Sosial RI ke RRC bulan Mei 2010 yang lalu dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama dengan penandatanganan MoU antara Kementerian Sosial RI dan Kementerian Urusan Sipil RRC tentang Kerjasama bidang Kesejahteraan Sosial.

Kedatangan rombongan RRC didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Dampak Sosial Bapak Mu’man Nuryana, KepalaBagian Kerjasama Luar Negeri Bapak Muhammad Tahir dan jajarannya disambut langsung oleh Ketua STKS Bandung bersama sivitas akademika, Sekretaris Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial dan jajarannya dengan gelar budaya seni sunda oleh unit kegiatan mahasiswa Garnida. Dalam sambutannya Ketua STKS Bandung Kanya Eka Santi menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran Menteri Urusan Sipil beserta rombongan yang sangat menaruh perhatian khusus kepada pendidikan tinggi pekerjaan sosial. Hal yang sama juga disampaikan Menteri Urusan Sipil Mr. Li Liguo yang dituangkan dalam penulisan pesan dan kesan kepada seluruh sivitas akademika STKS Bandung. Menteri Urusan Sipil dan rombongan berharap kunjungan ini bermanfaat sebagai bahan masukan dalam penandatangan MoU antara Kementerian Urusan Sipil RRC dan Kementerian Sosial tentang kerja sama penanganan masalah kesejahteraan sosial di Kantor Kementerian Sosial RI Jakarta, Rabu (11/9).

Adapun bidang kerjasama meliputi :

  1. Pertukaran informasi mengenai pembuatan kebijakan dibidang kesejahteraan sosial
  2. Pertukaran informasi dan berbagi pengalaman tentang program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing negara dalam bidang kesejahteraan sosial dan pembangunan masyarakat;
  3. Pertukaran kunjungan ke lembaga-lembaga kesejahteraan dan komunitas sosial yang bergerak dalam bidang pelayanan keluarga, anak-anak, lanjut usia dan penyandang disabilitas untuk memperluas jaringan dan memperkuat kerjasama yang saling menguntungkan;
  4. Mengorganisir dan berpartisipasi dalam program-program pelatihan untuk memperkuat pengembangan kapasitas dan keterampilan sumber daya manusia dalam bidang pembangunan masyarakat khususnya kegiatan peningkatan penghasilan, pengurangan kemiskinan dan pembangunan keluarga;
  5. Berbagi keahlian dan pengetahuan tentang praktek-praktek terbaik dalam bidang pekerjaan sosial, pelayanan masyarakat dan manajemen risiko bencana;
  6. Mengorganisir dan berpartisipasi dalam lokakarya, seminar dan konferensi yang dilaksanakan untuk kepentingan dan pembangunan keluarga, anak-anak, lanjut usia dan penyandang cacat; dan bidang-bidang kerjasama lainnya yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial dan pembangunan masyarakat atas kesepakatan bersama oleh Para Pihak.
Kunjungan ini diharapkan bermanfaat dalam meningkatkan kerjasama dan semakin mempererat hubungan antar Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah China sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari kedua negara.*** (Humas STKS)
 
KULIAH UMUM “MENJADI PEKERJA SOSIAL YANG KOMPETEN” PDF Cetak
Ditulis oleh F. Rizki | Layout: Micho Siagian   
Selasa, 20 Agustus 2013 07:54

Untuk memberikan wawasan tentang pekerjaan sosial kepada mahasiswa baru TA.2013/2014, Sub Bagian Pengajaran menyelenggarakan Kuliah Umum di Ruang Aula Lantai III Kampus Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung pada hari Senin, 19 Agustus 2013, dengan narasumber Drs. Toto Utomo Budi Santosa, M.Si (Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI) dan Armay, SH., M.Hum., MM (Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Sosial RI). Materi Kuliah Umum yang disampakan adalah “Menjadi Pekerja Sosial Yang Kompeten”.

Pada kuliah umum yang dilaksanakan, Sekretaris Jenderal menyampaikan pemaparan mengenai pengertian/definisi pekerjaan sosial, komponen pekerjaan sosial serta integrasi pribadi pekerja sosial dengan tugas profesional.

Dalam pemaparannya Sekretaris Jenderal membahas tujuan khusus pekerjaan sosial yaitu: (1) Meningkatkan kapasitas orang dalam penanganan masalah dan pengembangan dirinya, (2) Menghubungkan orang dengan sistem yang menyediakan sumber-sumber, pelayanan dan kesempatan, (3) Mempromosikan efektifitas dan operasionalisasi sistem yang menyediakan sumber-sumber dan pelayanan, (4) Mengembangkan dan memperbaiki kebijakan sosial, (5) Meningkatkan kesejahteraan dirinya, mengatasi kemiskinan, penindasan dan berbagai bentuk ketidakadilan. Selain itu Sekretaris Jenderal juga menyampaikan dasar-dasar keterampilan pekerjaan sosial diantaranya: mengaplikasikan teori ke dalam praktek, melakukan perubahan secara terencana, melakukan intervensi pada semua sasaran, melakukan relasi, berkomunikasi, kompetensi kultural, analisis kebijakan, penelitian, menggunakan tekhnologi/komputer serta mengelola waktu yang sesuai dengan dasar-dasar nilai dan etika pekerjaan sosial. Dari unsur tersebut dapat menjadikan pekerja sosial yang kompeten, selain menguasai semua komponen pengetahuan, keterampilan dan nilai-etika, pekerja sosial harus mengenal dirinya (self) dan juga mengenal orang yang akan dibantu(self client).

Melalui kuliah umum yang dilaksanakan, diharapkan wawasan mahasiswa baru tentang Pekerjaan Sosial dapat semakin bertambah dan dapat diaplikasikan nantinya di lapangan.***(humas/dok.humas-stks)

 
« MulaiSebelumnya12345678910BerikutnyaAkhir »