STKS BANDUNG TERIMA KUNJUNGAN STUDI KOMPARATIF UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PDF Cetak
Ditulis oleh F. Rizki | LayOut : Micho Siagian   
Senin, 11 Maret 2013 03:05

Pada hari Rabu, 6 Maret 2013, bertempat di Ruang Aula lantai III Kampus Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKS Bandung menerima kunjungan studi komparatif dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan dihadiri oleh Drs. A. Nelson Aritonang , MSSW, (Pembantu Ketua I STKS Bandung), Nandang Susila, AKS, MP (Kepala Sub Bagian Praktikum dan Kemahasiswaan STKS Bandung), Dosen pendamping studi komparatif IKS UIN, Mahasiswa STKS Bandung dan 54 orang mahasiswa peserta studi komparatif IKS UIN.

Dalam kunjungannya program studi IKS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan jurusan yang baru berdiri sejak tahun 2009. Dalam perkembangannya yang telah berjalan selama 4 (empat) tahun, program studi IKS tentu masih perlu untuk dilakukan perbaikan baik dari segi keilmuan dan kurikulum maupun dalam upaya peningkatan kualitas mahasiswa yang diunggulkan untuk bisa menjawab persoalan masalah sosial yang terjadi dewasa ini.

Untuk mengkaji tentang proses pendidikan profesional bidang kesejahteraan sosial, STKS Bandung merupakan sekolah tinggi pertama dan tertua di Indonesia yang menjadi sekolah edukasi bagi para intelektual muda untuk menjadi seorang pekerja sosial profesional yang tersebar di seluruh Indonesia, STKS Bandung juga merupakan salah satu lembaga yang menjadi acuan baik dalam bidang kurikulum, pengembangan profesi maupun dari segi sarana dan prasarana pendidikan. Karena alasan dan kriteria tersebut maka program studi IKS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kunjungan studi komparatif yang diadakan HIMA IKS UIN ke STKS Bandung.

Untuk menjalin hubungan dan silaturahmi antara mahasiswa dan program studi IKS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan STKS Bandung, pada kunjungan tersebut kegiatan dilaksanakan dan dikemas dalam bentuk ceramah dan tanya jawab antar mahasiswa untuk saling menambah pengetahuan terkait kurikulum pendidikan, sistematika praktikum, metode belajar dan kegiatan organisasi intra mahasiswa (BEM) serta hal-hal yang berhubungan dengan keilmuan di bidang kesejahteraan sosial.

Dengan kunjungan ini diharapkan STKS Bandung terus termotivasi untuk meningkatkan kualitasnya dalam mewujudkan STKS sebagai centre of excellent bagi pendidikan pekerjaan sosial Indonesia.***(humas-stks)
 
UCAPAN BERDUKACITA PDF Cetak
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 11 Maret 2013 02:57
 
KOLABORASI STKS BANDUNG DENGAN STIS JAKARTA MENUJU DESA GEDEPANGRANGO SEJAHTERA 2017 PDF Cetak
Ditulis oleh F. Rizki | Layout: Micho Siagian   
Kamis, 07 Maret 2013 06:40

 

“Tidak dengan demonstrasi, tapi melalui implementasi apa yang telah kami pelajari”

 

Kalimat diatas merupakan dasar bagi mahasiswa kedinasan yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) untuk mewujudkan kepedulian terhadap bangsa dan negara. Kepedulian tersebut diwujudkan melalui sebuah program yang bernama program Desa Sejahtera Binaan FMKI yang terletak di Desa Gedepangrango Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat. Program ini merupakan suatu wadah dimana seluruh mahasiswa kedinasan dari berbagai disiplin ilmu dapat melakukan simulasi membina suatu negara dalam konteks desa melalui implementasi capaian MDG’s menuju Gedepangrango Sejahtera 2017. Dalam Program ini Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung berperan sebagai fasilitator guna memobilisasi sistem sumber baik yang berasal dari setiap Perguruan Tinggi Kedinasan, Kementerian/Lembaga/Badan, maupun sistem sumber lainnya. Saat ini, STKS Bandung melakukan kolaborasi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Jakarta guna mencari data awal melalui proses pencacahan setiap indikator di dalam MDG’s.

Kegiatan pencacahan ini difasilitasi oleh divisi Administrasi dan Perekonomian Tim Desa Sejahtera FMKI serta akan dipimpin langsung oleh STIS Jakarta dengan melibatkan sebanyak 200 orang pencacah yang merupakan gabungan dari mahasiswa STKS Bandung dan STIS Jakarta. Selain dapat menghapuskan ego kementerian di masa mendatang, kolaborasi STKS Bandung dan STIS Jakarta akan memberikan pemahaman baru bagi mahasiswa STKS Bandung dalam memahami statistika yang sangat diperlukan dalam praktek pekerjaan sosial setting makro.***(FMKI & Humas-STKS Bandung)

 
« MulaiSebelumnya12345678910BerikutnyaAkhir »